Thursday 12 January 2012

Kolaborasi Vendor dan Akademisi

Mimpi
Kadang-kadang sempat terlintas pemikiran: Alangkah kerennya jika sistem informasi yang kita kembangkan bisa mengaplikasikan teori-teori yang di pelajari dunia akademik. Sebagai contoh: fasilitas penjadwalan otomatis di Sistem Informasi Akademik (siakad).

Perspektif Akademisi
Di program studi Ilmu Komputer ada bidang ilmu Heuristic Algorithm (algortima optimisasi), yang membantu untuk membuat suatu penjadwalan secara otomatis. Berikut beberapa algoritma yang bisa digunakan:
  • genetic algorithm atau algoritma genetika
  • ant colony optimization (algoritma semut)
  • particle swarm optimization (PSO)
  • artificial bee colony (ABC) algorithm
Selain itu juga telah berkembang Hybrid Algorithm dan (atau) Metahuiristic, yang mana mengkombinasikan 2 atau lebih algoritma. Misalnya saja, algorithm genetic dan particle swarm optimization.

Problem Solving
Nah, yang menjadi masalah adalah bagaimana strategi mewujudkan mimpi tersebut. Skenario yang terlintas adalah: vendor software berkolaborasi dengan para akademisi, dengan mengaplikasikan teori-teori tersebut untuk menambahkan suatu nilai lebih di sistem informasi.

Harapan yang ada, riset bidang ilmu Heuristic Algoritm (algorima optimasi) bisa dilakukan dengan data-data yang dibutuhkan oleh pasar.

0 tanggapan:

Post a Comment

Kata Kunci

Adventure (40) inspirasi (23) manajemen (12) teknologi (11) Collection (7) automotif (6) movie (6) tips (5) Fun (4) tutorial (4) financial (3) kuliner (1)