Monday 26 December 2011

Membuka Kunci Pintu dengan Ponsel NFC

Mendatangi dan mengantri di front desk hotel tentu nya menjadi aktivitas rutin kita sebagai tamu yang akan menginap di sebuah hotel. Paling tidak, hanya sekedar untuk mengambil kunci kamar dan selanjutnya kita baru bisa menuju ke kamar dan membuka dengan kunci yang sudah kita ambil di front desk. Begitu juga sebaliknya ketika akan checkout, kita perlu balik lagi ke front desk.

Rutinitas diatas sudah menjadi pemandangan masa lalu di Clarion Hotel Stockholm - Sweden, hotel yang sudah mengimplementasikan teknologi NFC (= Near Field Communication).
Proses reservasi tetap dilakukan seperti biasa, melalui website ataupun travel agent. Di hari kedatangan, kita akan menerima pesan notifikasi yang berisi alamat web checkin dan bisa kita lakukan dari mana saja melalui ponsel. Begitu checkin telah terkonfirmasi maka kita akan mendapatkan MoBile Key yang dikirim ke ponsel. Selanjutnya, ketika kita tiba di hotel bisa langsung ke kamar tanpa perlu ke front desk. Cara untuk membuka kunci cukup simple: dekatkan ponsel ke panel nfc di pintu yang biasa di sekitar gagang pintu. Begitu juga ketika akan checkout, cukup dekatkan ponsel di anjungan checkout di dekat front desk.


Salah satu benefit dari implementsi NFC di dunia perhotelan adalah pihak hotel bisa lebih fokus dan mempunyai lebih banyak waktu dalam melayani dan membantu memehuni kebutuhan para tamu. Implementasi teknologi NFC di perhotelan masih sangat langka maka jika ada hotel yang sudah menerapkannya tentu bisa menjadi nilai jual tersendiri yang bisa ditawarkan kepada para pelanggannya.

0 tanggapan:

Post a Comment

Kata Kunci

Adventure (40) inspirasi (23) manajemen (12) teknologi (11) Collection (7) automotif (6) movie (6) tips (5) Fun (4) tutorial (4) financial (3) kuliner (1)