Friday, 18 November 2011

Merekam Meeting, Diskusi

Beberapa waktu lalu ada konsultan yang diundang datang ke kantor untuk memberikan suatu paparan tentang produk teknologi yang cukup baru. Singkat cerita, di pertemuan tersebut terjadi diskusi serta tanya-jawab. Hal itu berlangsung secara cepat dan tak terasa 2 jam pun telah berlalu. Dan, tibalah giliran akan membuat resume diskusi, dan yang sering terjadi adalah merasa lupa akan detail dari pembicaraan.

Berdasarkan pengalaman diatas, ada beberapa hikmah yang bisa kita petik:
  • Membuat rekaman audio
    Di setiap rapat/diskusi dan terutama lagi ketika melakukan requirement gathering atau wawancara ke client, ada baiknya kita membuat suatu rekaman audio. Rekaman ini akan membantu kita mengingat hal-hal yang mungkin terlewat dari catatan kita. Dengan demikian kita bisa membuat resume/catatan pertemuan secara lebih lengkap dan akurat. Agar lebih rapi lagi, dalam pembuatan rekaman ini bisa meniru gaya wartawan dalam melakukan wawancara/polisi dalam melakukan interogasi, yaitu dengan diawali dengan menyebutkan nama kegiatan, waktu, lokasi, audiance-nya.
  • Membuat rekaman video
    Dengan adanya Youtube.com, kita bisa belajar sesuatu hal melalui tayangan video (misal. video tutorial). Prinsip ini sebenernya bisa kita gunakan juga ketika kita melakukan presentasi bahkan kegiatan trainning. Agar video berguna maka yang direkam adalah fokus pada materi yang ditampilkan di layar, baik layar di depan ataupun layar komputer.

    Jika hasil rekamannya bagus (dalam artian materi nya dapat terekam di video) maka koleksi video ini bisa disajikan sebagai materi pembelajaran secara mandiri, kegiatan yang sifatnya berulang dan materinya relatif sama.
Yuk, mari kita coba.

0 tanggapan:

Post a Comment

Kata Kunci

Adventure (40) inspirasi (23) manajemen (12) teknologi (11) Collection (7) automotif (6) movie (6) tips (5) Fun (4) tutorial (4) financial (3) kuliner (1)